Recent Posts

Tumbuhkan Minat Anak Pada Sains, Kunjungi Petualangan Dinosaurus

23 Juli 2017


Studying dinosaurs is also a great way to encourage children to use their observation skills,  Bill Nye.
Termotivasi apa yang dikatakan pendidik sains Amerika itu, saat liburan lalu Sabtu, 22 Juli 2017 kami mengajak bocil, Raffi dan Fathan, ke Taman Petualangan Dinosaurus  yang berada di Taman Legenda TMII.

Taman mini lagi? Sebenarnya udah rada bosen sih, karena baru beberapa bulan lalu, kami kunjungi wahana SkyWorld, tapi demi para bocil tersayang, oke sajalah.

Saking populernya hewan dino ini, tidak heran para bocil langsung antusias. Dengan semangat, mereka langsung mengeksplor taman yang menyajikan sejumlah replika hewan purba ini.

Baca juga: Eduwisata SkyWorld TMII Merasa Seperti di Luar Angkasa

Ketika baru masuk, bocil disambut karakter pohon ngoceh, talking tree yang nggak capek-capek menginformasikan promo. 

Bersama bocil menyusuri lintasan taman ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja, karena areanya memang tidak begitu luas.



Bagi para bocil yang penting keseruannya, seru bisa menyaksikan berbagai species dino yang seakan-akan hidup seperti Ankylosaurus, Brachiosaurus, Carnotaurus, Dilophosaurus, Pachycephalosaurus, Parasaulorophus, Tyranosaurus Rex (T-Rex), Triceratops, Velociraptor (Reptor) dan masih banyak lagi.

Petualangan dinosaurus ini cukup atraktif buat cah lanang kami karena semua replika hewan prasejarah di sini dibuat semirip mungkin dengan aslinya. 

Nuansa jelajah dan observasi kental terasa, sehingga para bocil dengan sadar melakukan deskripsi terhadap semua yang dilihat, didengar dan dirasakannya.

Baca juga: Teater IMAX Keong Emas Itu Apa Sih Pah?

Hewan-hewan purba ini tidak hanya ditampilkan dalam bentuk fisik saja tapi juga dilengkapi dengan suara, gerakan perut saat bernapas, hingga kedipan mata. Bahkan, hati hati saat mendekati replika Dilophosaurus.  Species dino ini suka menyemburkan air dari mulutnya.

Tiket masuknya menggunakan sistem  terpadu berupa gelang merah yang diberikan kepada masing-masing pengunjung. Gelang merah ini merupakan gelang RFID (Radio Frequency Identification) yang didalamnya terdapat saldo uang.



Satu gelang harus diisi minimal Rp. 50.000. Dengan rincian, Rp 25.000  sudah terpakai sebagai tiket masuk, Rp. 10.000 sebagai jaminan (uang jaminan ini akan dikembalikan jika kondisi gelang RFID tidak rusak) dan saldonya bisa dipakai untuk menikmati wahana lain. Bila saldonya kurang, di tiap wahana bisa top-up (penambahan) saldo.

Selain petualangan dinosaurus, masih dalam satu komplek taman legenda, kita bisa menikmati wahana lain, seperti bianglala Mata Legenda, kolam renang Anak Tirta, dan komedi putar Nirwata Kisar.

Dengan dilengkapi data nama dan keterangan tentang karakter dari masing-masing dinosaurus yang direplikasi, semoga petualangan seru hari ini akan mendorong para bocilku, Raffi dan Fathan, untuk meningkatkan keterampilan observasinya sebagaimana dikatakan Bill Nye di awal:).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar