Recent Posts

Eduwisata SkyWorld TMII Merasa Seperti di Luar Angkasa

14 Mei 2017

Akhirnya balik lagi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk kesekian kalinya.  Kunjungan sebelumnya At The Beautiful Indonesia in Miniature Park belum tuntas. Pernah terhalang hujan, pernah pula keburu sore. Lagian kalau dikunjungi seharian mana mampu. Dengan lahan seluas sekitar 150 hektar, mungkin butuh waktu seminggu untuk menjelajahi satu-persatu wahana yang ada di taman yang diresmikan 20 April 1975 itu. Itupun belum tentu kelar.

Ada wahana saat kunjungan beberapa tahun lalu bikin si sulung Raffi penasaran namun belum sempat  disantroni, wahana antariksa SkyWorld. Kebayang, saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 16.30. Kesorean lah...!

Baca juga: Teater IMAX Keong Emas Itu Apa Sih Pah?

Baru pada hari Minggu, 14 Mei 2017 ada kesempatan mengajak bocil, Raffi dan Fathan, kunjungi wahana yang sarat akan nuansa pengetahuan luar angkasa itu. Hanya untuk menuju lokasi itu cukup melelahkan jika ditempuh dengan jalan kaki dari gerbang utama. Sebaiknya bawa kendaraan sendiri.


Dengan HTM Rp. 70.000,-(per-orang), anak diatas 3 tahun bayar full, semua spot yang ada di wahana ini bisa kita nikmati. Mulai dari wahana antariksa seperti Space Action Photo Boot, Space Exhibition, 5D Cinema, Digital Planetarium, 3D Photo sampai wahana bermain seperti playground, wall climbing, water play, dan trampoline.

1. Space Action Photo Boot

Selalu tidak terlewatkan, wisata kemanapun berfoto ria adalah ritual penting. "Taking pictures helps us to hang on to those memories a little longer", pokoknya :). Untuk foto-foto bertemakan ruang angkasa di sinilah tempatnya, Space Action Photo Boot. Spot ini  menyediakan property untuk berfoto ria dengan menggunakan baju astronot serasa membawa Raffi dan Fathan terbang di luar angkasa.

Baca juga: Tumbuhkan Minat Anak Pada Sains, Kunjungi Petualangan Dinosaurus

2. Space Exhibition

Langsung aja dech, di spot ini para bocil anteng melihat banyak hal yang berhubungan dengan antariksa. Ruangan yang menyerupai lorong ini memamerkan figur dan miniatur tentang ruang angkasa. Tidak ketinggalan dengan teknologi-tekonologi yang digunakan penjelajahan ruang angkasa. Lagi-lagi untuk bernarsis ria di spot ini ada standing character, patung astronot, yang akan menemani berfoto.



3. 5D Cinema

Dengan fasilitas ini bocil menikmati sensasi petualangan dalam sinema 5 dimensi. Tersedia beberapa pilihan tema berbeda, dengan kapasitas tempat duduk sekitar 20 orang.  “Pasang sabuknya… ayo bocil kita berangkat, jelajahi alam yang luas dan menakjubkan. Jangan lupa pake kacamata 3 dimensinya dulu ya..". Kursi yang diduduki pun ikut meliuk-liuk sesuai dengan sinema yang ditayangkan. Bahkan bila ada scene kecebur air, cipratan airnya pun betul-betul akan terasa. Lumayan bikin jantung mau copot juga, deg-degan.

4. Digital Planetarium

Kalo papahnya dulu pernah ke planetarium yang ada di Cikini, kini para bocil merasakan sensasi planetarium model digital di TMII ini. Bangunan seperti sebuah dome ini menghadirkan pertunjukan atau film mengenai antariksa yang sinematis, dengan sensasi atraktif dan tentu saja unsur edukatifnya tak ketinggalan dengan penjelasan yang cukup informatif. Durasi pertunjukan selama 20 menit.

Baca juga: Have fun watching Coco, sons!

Jadwal pertunjukkan, Senin – Kamis dengan rentang waktu 1 jam mulai pukul 09:30, Jumat mulai pukul 09:00 dan Sabtu, Minggu, Hari libur setiap 45 menit mulai pukul 09:15.

5. Water Play

Taman bermain air ini yang paling disukai si bontot Fathan. Ada perosotan spiral dan perosotan untuk beramai-ramai, ada juga giant bucket yang bisa mengguyur tubuh dengan segarnya air. Byuuuur....adeeeem.



6. Wall Climbing

Untuk urusan panjat memanjat, si sulung Raffi hobinya. "Aku pengen latih otot dan tulang, biar tangan dan kaki aku kuat", katanya dengan semangat. Sementara si bontot Fathan satu pijakan pun gak kuat, keberatan body yang menggajah..:)


Tak terasa hari sudah semakin sore, dan akhirnya kami memutuskan untuk kembali pulang. Andai saja sinar senja tidak buru-buru menghilang, para bocil masih betah ingin berlama-lama bermain  di sini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar